Sebagai negara yang kaya dengan hasil alam, Indonesia menawarkan pesona keindahan yang banyak mendatangkan turis mancanegara dan terkenal ke berbagai penjuru dunia. Dari Sabang hingga Merauke, terbentang miniatur surga yang mengukuhkan Indonesia sebagai salah satu negara terindah dengan adat serta budaya beraneka ragam.

Dari banyaknya budaya yang dimiliki Indonesia, beberapa telah tercatat oleh UNESCO dan menarik minat jutaan warga asing untuk turut mempelajarinya, seperti seni pertunjukan, arsitektur, bahasa, gaya pakaian, hingga kuliner lokal. Budaya tersebut tak hanya menjadi kekayaan namun sekaligus kebanggaan yang harus dilestarikan—misalnya dengan mengenalkan kepada anak-anak kita sebagai generasi penerus bangsa.

Berikut adalah 5 cara sederhana mengenalkan budaya Indonesia kepada anak tercinta!

1. Berbagi cerita lewat buku bacaan

Photo Credit: Borneo Channel

Orang bijak mengatakan jika buku adalah jendela ilmu. Sejak usia dini, kenalkan anak-anak pada buku bacaan yang mampu membangun jiwa dan pengetahuannya. Melalui buku bacaan pilihan, Anda juga bisa mengenalkan budaya Indonesia sambil mengajak buah hati untuk meresapi isinya. Banyak cerita sarat budaya dan pesan moral yang menarik untuk mengisi waktu luang misalnya kisah pewayangan, dongeng, cerita rakyat, fabel dan legenda.

2. Ajak menonton pertunjukan budaya

Tumbuhkan ketertarikan anak pada budaya dengan sering mengajaknya menonton pertunjukan yang banyak digelar di sekitar kita. Anak-anak mudah tertarik pada hal unik dan baru dikenalnya, seperti topeng monyet, kuda lumping, tari merak, atau pertunjukan lainnya. Jangan lupa ceritakan pula tentang hal-hal menarik untuk menambah informasinya. Dengan demikian, si kecil akan aktif mengamati dan timbul ketertarikan mempelajari.

3. Kenalkan makanan lokal

Budaya yang paling mudah dikenalkan pada si kecil adalah makanan. Kenalkan jenis-jenis makanan lokal dari berbagai daerah di Indonesia agar ia tahu kekayaan bangsanya. Sesekali ajaklah ia mencicipi hidangan lain yang berbeda dari biasanya, misalnya jika Anda bersuku Betawi maka ajak anak-anak mencicipi kelezatan rawon, soto, bahkan sate Madura yang memiliki rasa nikmat dan cenderung disukai anak-anak. Selalu dampingi mereka dengan membagikan informasi sederhana yang bisa menambah wawasannya.

4. Ajarkan bahasa daerah

Bahasa menunjukkan tata. Setiap daerah di Indonesia memiliki bahasa daerah yang berbeda. Ceritakan pada mereka bahwa kekayaan Indonesia juga bisa dilihat dari banyaknya jenis bahasa daerah. Namun Anda tak perlu susah payah belajar bahasa daerah lain, sebab paling utama adalah mengenalkan bahasa daerah sendiri agar anak-anak lebih mengenali asal usul dan adat istiadatnya sendiri. Selalu ingat bahwa belajar bahasa asing memang penting, namun belajar bahasa daerah juga tak kalah penting ya, Mom and Dad!

5. Kemas kebudayaan menjadi hal sederhana dan menarik

Nah, ini yang paling gampang dikenalkan pada mereka! Anda bisa mengemas kebudayaan menjadi hal sederhana dan menarik, misalnya dengan mengenalkan mereka pada pakaian adat Indonesia saat Hari Kartini, pementasan Hari Kemerdekaan, atau memilih outfit sehari-hari yang trendy namun sarat nilai lokalitas. Di POCOYOLO, Anda bebas memilih koleksi T-shirt berkualitas, berbahan nyaman, dengan motif hand-drawing unik yang diproduksi secara terbatas. Beragam pilihan mulai dari seri local heroes, local food, local transportation, hingga motif menarik lain telah tersedia sehingga Anda bisa mengenalkan budaya sambil mendandani buah hati agar menjadi pusat perhatian. Berbelanja koleksi POCOYOLO dengan mudah dapat menghubungi customer service kami melalui kontak yang tertera.

There is no friendship, no love, like that of parent for the child. Selamat menikmati waktu terbaik menjadi orangtua dan merayakan cinta bersama buah hati Anda!